Warga Kumalirang Alami Gangguan Pernafasan

PANDEGLANG – Sebanyak 150 warga Kumalirang, Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang, mengalami gangguan pernapasan, seperti radang paru, influenza, dan batuk.

Penyakit ini dipicu oleh buruknya cuaca dan bakteri muncul karena kondisi lingkungan tidak sehat.
Fakta ini diketahui pada pengobatan gratis yang digelar tokoh masyarakat, Luthfi Amin, di Kampung Kumalirang, Kelurahan Kabayan, Minggu (11/4).
Tim medis di acara itu, Erni Indrawati, mengatakan, dari 300 warga yang datang ke pengobatan gratis sekira setengahnya atau 150 orang mengeluhkan sakit pada saluran pernapasan dan dada. Mereka juga mengaku terkena batuk serta influenza. Sementara sisanya, terjangkit penyakit kulit, rematik, darah tinggi dan beberapa penyakit lainnya. “Gangguan pernapasan yang dialami para pasien memang belum terlalu parah. Mereka bisa sembuh setelah dirawat,” katanya kepada Radar Banten.
Menurut Erni, faktor penyebab infeksi saluran pernapasan adalah cuaca buruk dan sanitasi lingkungan buruk. Penyakit itu menyerang ketika daya tahan tubuh si penderita lemah. “Kalau dibiarkan warga bisa terjangkit TBC,” katanya.
Indra Irawan, tim medis lainnya menerangkan, 150 pasien yang terjangkit penyakit kulit, rematik, dan darah tinggi itu disebabkan karena kurang menjaga kesehatan. Oleh karena itu, mereka disarankan makan teratur dan menjaga lingkungan bersih.
Empunya acara Luthfi Amin yang juga warga Kumalirang, mengatakan, kegiatan ini bertujuan membantu warga kurang mampu yang tak bisa mengakses sarana kesehatan sekaligus mempererat tali silaturahmi. (zis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s