Bupati Bakal Evaluasi Tambang Emas di Bayah

RANGKASBITUNG – Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya akan mengevaluasi penambang lumpur emas ilegal di Bayah.

Hal itu dikatakannya usai menghadiri laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) di rapat paripurna dewan, kemarin. “Kita akan lakukan evaluasi keberadaan penambang lumpur emas ilegal. Setelah dilakukan kajian ternyata lebih besar mudharatnya, maka pemkab akan menutup. Tapi jika tidak merusak lingkungan dan merugikan masyarakat tentu dipertahankan dengan ketentuan penambang harus mengurus izin.
Menurutnya, pemkab akan membuat surat keputusan Bupati untuk menertibkan para penambang. Aturan tersebut, ungkapnya, akan dijadikan referensi dinas terkait dalam melakukan tindakan terhadap penambang di Lebak. SK itu juga diharapkan dapat menertibkan para penambang dan memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan Penghasilan Asli Daerah (PAD) di Lebak. “Uang yang beredar di penambangan miliaran rupiah, jika aktivitas mereka berizin dipastikan akan berkontribusi terhadap PAD Lebak,” ujarnya.
Terpisah, Ketua LSM Bitung Musa Weliansyah mengatakan, selama ini pemberian sanksi terhadap para penambang liar hanya sebatas penutupan sementara. Hal itu tidak memberi efek jera kepada pelaku, sehingga saat Pemkab lengah, para penambang kembali melakukan aktivitasnya. (mg-05)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s