Jualan Jalan Rusak

Visi Misi Calon Bupati Serang

Secara umum visi ketiga pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Serang tidak ada perbedaan yang mencolok. Ketiganya mengklaim memiliki program unggulan masing-masing.
Namun dari sekian program yang ditawarkan, ada satu program yang ketiga calon sepakat membenahi infrastruktur yang rusak, seperti jalan rusak. Mereka memilih infrastruktur menjadi program unggulan karena sarana tersebut bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat, baik yang miskin maupun kaya.
Pasangan Ahmad Taufik Nuriman – Ratu Tatu Chasanah (Tuntas) yang diusung tujuh partai besar memastikan bahwa pembangunan infrastruktur menjadi salah satu program unggulan yang akan dilakukan apabila terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Serang. Menurut Ketua Tim Media Tuntas, Ali Faisal, ada 10 program yang akan digulirkan ketika Tuntas terpilih, di antaranya menciptakan 100 ribu lapangan pekerjaan, pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang. Namun, kata dia, dari sepuluh program tersebut infrastruktur tetap akan menjadi prioritas pembangunan lima tahun mendatang. Alasannya, pembangunan infrastruktur bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.
Selain infrastruktur, Tuntas menjanjikan ketersediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dengan konsep pemberdayaan masyarakat.
Sementara Ketua Tim Sukses pasangan Andy Sujadi-Sukeni (Assik), Sufiyani Sidik, mengatakan, ada 10 poin program yang diunggulkan, di antaranya pembangunan infrastruktur dan penciptaan pemerintahan yang baik. “Melihat infrastruktur saat ini masih memprihatinkan, oleh karena itu program ini akan menjadi unggulan kami,” kata Sufiyani.
Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang baik harus dilakukan oleh pemerintahan yang baik. Untuk itu, perbaikan kinerja aparat pemerintah mesti dilakukan secepatnya. “Pembangunan mustahil bisa dilakukan dengan baik jika moralitas aparat pemerintahnya tidak mendukung,” katanya.
Pasangan ini menggaungkan ekonomi kerakyatan dengan alasan mayoritas penduduk di Kabupaten Serang adalah petani, sehingga wajar jika kemudian mendapatkan perhatian serius.
Terpisah, Ketua Tim Sukses Pasangan RA Syahbandar-Djahidi Sadiran (Syajadah) Zaenal Abidin Afif, mengungkapkan, pasangan ini serius memperhatikan infrastruktur jalan. “Saya mau tanya, jalan mana di kabupaten yang kondisinya mulus? Hampir tidak ada,” kata Zaenal.
Bila rakyat memberikan kesempatan memimpin kepada pasangan Syajadah, kata Zaenal, pihaknya akan memrioritaskan pembangunan infrastruktur jalan. Ia menyadari bahwa setelah Kabupaten Serang memisahkan Kota Serang, anggaran belanja Kabupaten berkurang hingga Rp 400 miliar.
“Hal itu berdampak terhadap alokasi infrastruktur yang semakin menipis,” ujarnya.
Dikatakan, Syajadah sedang menyusun konsep mengenai infrastruktur. Pihaknya sedang menghitung berapa jumlah ruas jalan kabupaten yang kondisinya rusak. Setelah dihitung, akan membagi jumlah jalan rusak dengan masa kerja pemerintahan selama lima tahun. “Paling tidak dalam waktu lima tahun, seluruh ruas jalan bisa diperbaiki,” ujarnya.
Jika pemerintah daerah tidak mampu membangun jalan sendiri, kata Zaenal, seharusnya kepala daerah bisa bertindak kreatif dengan melakukan pendekatan terhadap swasta dan pemerintah pusat. Ia menilai kepemimpinan incumbent selama lima tahun terakhir terlalu pasif, tidak kreatif mencari sumber pendanaan lain untuk pembangunan selain dari APBD. “Langkah-langkah kreatif dengan berbagai pendekatan itulah yang akan dilakukan Pak Beny (RA Syahbandr-red),” katanya.
Dia mencontohkan Kabupaten Lebak, meskipun PAD jauh lebih kecil dari Kabupaten Serang, namun dalam masalah infrastruktur lebih bagus.
“Itu karena pemimpinnya kreatif, dekat dengan pemerintah pusat dan melibatkan swasta dalam membangun daerah,” kata Zaenal. (kar/mg-8)

Radar Banten.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s