Mei, Spam Alamat IP Naik 3 Kali Lipat

Menurut laporan Symantec Monthly Spam & Phising Report, Mei 2010, pada bulan ini tercatat tren spam dotted quad volumenya naik lebih dari tiga kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Spam dotted quad merupakan spam yang menggunakan link URL bukan nama domain seperti biasa, melainkan alamat IP berupa deretan empat angka desimal yang dipisahkan oleh titik. Misalnya http://255.255.255.255

“Karena majunya teknologi anti-spam, penyaring paling sederhana sekalipun dapat memblokir pesan yang memiliki URL di dalam pesan,” kata Symantec pada keterangannya, Senin 31 Mei 2010.

“Oleh karena itu, jika spammer pesan dengan domain .com sebagai URL, pesan tersebut mungkin akan diblokir oleh penyaring URL,” tulis Symantec.

Dengan menggunakan teknik pengalihan URL lewat alamat IP, menurut Symantec, spammer meningkatkan peluang keberhasilan mereka dalam pengiriman pesan.

Pada laporannya, Symantec juga menyebutkan bahwa dalam hal ukuran pesan, volume spam lampiran juga terus merangkak naik bulan lalu.

“Spam berukuran 5 sampai 10KB meningkat lebih dari 4 persen, dan yang berukuran 10KB ke atas meningkat lebih dari 9 persen,” kata Symantec.

“Dilihat dari kategori spam, pesan scam dan phishing bulan April menyumbangkan 17 persen dari keseluruhan spam, tidak ada perubahan dibandingkan Maret,” tutur Symantec.

Secara keseluruhan, Symantec mencatat bahwa spam menyumbang 89,22 persen dari keseluruhan pesan pada April dibandingkan 89,34 persen pada Maret lalu.

VIVAnews.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s