Cilangkahan, Bupati Sebaiknya Keluarkan Rekomendasi

Peta Kabupaten LebakCilangkahan|Kekuaatan aspirasi masyarakat Lebak Selatan untuk membentuk Kabupaten Pemekaran Cilangkahan, sedang menuju pintu gerbang.

Sampai sekarang, sebanyak 14 persyaratan sudah hampir terpenuhi, tinggal tiga langkah, berupa rekomendasi dari bupati, gubernur dan Departemen Dalam Negeri (Depdagri).

Menurut informasi dari Tim Percepatan Pembentukan Kabupaten Cilangkahan, perjuangan masyarakat Lebak Selatan sejak tahun 2005 sampai sekarang telah membuahkan hasil, karena semua persyaratan adminsitrasi, potensi dan letak geografis serta pertumbuhan penduduk untuk membentuk Kabupaten Cilangkahan sudah memenuhi syarat.
Bahkan, dari hasil pengkajian dan penelitian Universitas Tirtayasa, dan Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri, Cilangkahan layak untuk menjadi sebuah Kabupaten.

Dalam perjalanannya, DPRD Kabupaten dan Provinsi sudah mengeluarkan sebuah rekomendasi, tinggal tiga rekomendasi yakni dari bupati, gubernur dan Mendagri.

Akan tetapi, melihat pengalaman yang terjadi di negara ini sudah ada tujuh pemekaran kabupaten di indonesia tanpa melalui rekomendasi bupati sudah bisa disahkan.

Saya kira sudah saatnya bupati mengeluarkan rekomendasi, meski tanpa rekomendasi bupati pun Cilangkahan pasti bisa menjadi sebuah kabupaaten. Dari hasil kerja tim percepatan, Departemen Dalam Negeri akan segera mengeluarkan rekomendasi, dan jika bupati tidak mengeluarkan, maka Depdagri akan mempertanyakannya, kata Sekretaris tim percepatan pembentukan Kabupaten Cilangkahan, Hakiki Hakim.

Sementara itu, Sekretaris Komisi B, Hj Ny Cicih Mustikawati, dari Fraksi PKS, menilai Cilangkahan sudah saatnya menjadi sebuah kabupaten.

Dengan dibetuknya kabupaten Cilangkahan bukan berarti memisahkan diri dari Lebak, sebaliknya akan membantu proses kelancaran pelayanan masyarakat dan proses percepatan pembangunan.

Kalau saya lihat, dari sekian persyaratan, semuanya sudah terpenuhi. Tinggal beberapa rekomendasi dari bupati berupa pesetujuan dan kesiapan penganggaran kabupaten Induk untuk Kabupaten Pemekaran, tandasnya.

Cicih menilai secara administrasi dan letak geografis, Cilangkahan layak menjadi sebuah kabupaten. Karena dilihat dari aset dan potensi alam sangat mendukung.

Bahkan, dari hasil pengkajian dan penelitian dua perguruan tinggi pun, Cilangkahan layak dan memenuhi syarat baik adiministrasi maupun syarat lainnya. [cahayabanten]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s